5 Manfaat Meditasi dalam Membantu Mengelola Keuangan

Meditasi adalah sebuah teknik latihan memusatkan dan menenangkan pikiran, hingga akhirnya mencapai tingkat kesadaran dan ketenangan batin yang lebih tinggi.

Meditasi dapat dilakukan di mana saja dan kapan saja dengan memusatkan pikiran pada nafas baik ketika menarik nafas (inhale) dan membuang nafas (exhale).
Kesadaran akan nafas Anda akan membuat Anda dapat mengalami rasa tenang dan damai, tidak peduli apa pun yang terjadi di sekitar Anda.

Latihan meditasi sangat bermanfaat dalam kehidupan sehari-hari dalam proses pengelolaan keuangan, karena meditasi bisa memainkan peranan besar dalam pengendalian diri dan kesabaran.

Jika Anda ingin mengelola keuangan dengan lebih baik, maka mempertimbangkan untuk melakukan latihan meditasi secara rutin.

Berikut ini 5 manfaat meditasi bagi kesehatan keuangan Anda.

5 Manfaat Meditasi dalam Membantu Mengelola Keuangan

1. Belajar Menunggu Saat Berinvestasi
Saat Anda berinvestasi di instrumen keuangan dengan tujuan untuk pensiun, maka cara pendekatan jangka panjang adalah cara yang terbaik untuk dilakukan.
Itu artinya Anda tidak perlu terlalu mempedulikan harga pasar harian dan tetap sabar saat melihat pergerakan pasar yang fluktuatif.
Latihan Meditasi yang dilakukan akan sangat membantu Anda untuk tetap fokus pada tujuan dan tidak mudah membuat keputusan berdasarkan emosi saja.

2. Mengendalikan Pola Pengeluaran dan mengurangi tindakan impulsif
Pernahkan Anda berbelanja tanpa memeriksa dan memikirkan ulang apakah Anda benar-benar membutuhkan barang tersebut atau hanya sekedar memuaskan keinginan?
Meditasi akan sangat membantu Anda meluangkan waktu untuk mempertimbangkan setiap tindakan dan mengendalikan diri sebelum melakukan pembelian yang tidak diperlukan,
Meditasi akan sangat membantu Anda untuk belajar memikirkan setiap keputusan.
Cara seperti ini tentu saja bisa menghemat uang Anda dengan menghindari pembelian yang tidak diperlukan.

3. Belajar Hidup Sederhana
Salah satu tujuan utama melakukan meditasi adalah melepaskan diri Anda dari keterikatan dan ketergantungan pada barang-barang material yang sebenarnya tidak Anda perlukan.
Anda tidak mudah terganggu pada keinginan yang sebenarnya bisa ditunda dan lebih fokus pada kebutuhan yang benar-benar diperlukan.

4. Manajemen Stres
Banyak orang memiliki kebiasaan belanja menjadi pelarian terhadap kondisi stres dalam kehidupan sehari-hari, seringkali sebagai pelarian Anda dengan mulai dengan berburu alat eletronik / gadget baru, buku komik, peralatan make up atau mungkin sepasang sepatu baru untuk mendapatkan sebuah rasa bahagia yang semu.
Melalui meditasi, Anda akan melatih diri untuk menemukan kebahagiaan sebenarnya bisa didapatkan dalam diri sendiri tanpa harus mendapatkan dari luar. Dengan demikian, Anda tidak akan bergantung pada kesenangan yang singkat dan menghabiskan banyak biaya yang tidak perlu.

5. Tidak Mudah Panik ketika keadaan tidak berjalan sesuai dengan yang diharapkan
Banyak kemungkinan bisa terjadi dalam hidup, karena hidup bagaikan roda yang berputar.
Suatu waktu Anda bisa diatas dan pada saat lain Anda bisa berada dibawah.
Saat menjalani kehidupan, mungkin Anda akan merasakan kondisi terpukul karena keuangan yang buruk, mungkin karena Anda kehilangan pekerjaan yang menopang biaya hidup, tagihan medis yang sangat besar, atau investasi yang nilainya menurun dan tidak sesuai dengan harapan.

Pada saat kondisi itu terjadi, maka sangat penting bagi Anda untuk tetap bersikap tenang dan tidak panik, agar tidak membuat masalah menjadi semakin buruk.
Meditasi akan membantu Anda lebih tenang dalam menghadapi segala persoalan keuangan Anda.

Berkaitan dengan hal-hal dalam hidup yang penuh dengan resiko, sebenarnya Anda bisa mengalihkan resiko tersebut kepada instrumen keuangan yang memberikan proteksi maksimal.

Salah satu jenis instrumen proteksi yang sangat kami rekomendasikan untuk Anda adalah instrumen proteksi dari Tapro Allianz, simak profilnya disini (tes Landing page product)


Agar kami dapat memahami kebutuhan informasi Anda dengan baik dan menyediakan konten yang berkualitas serta informatif kepada setiap pembaca, mohon luangkan waktu untuk mengisi survey singkat di halaman berikut. (masuk ke landing page)

Join the Conversation

1 Comment

Leave a comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *